Senin, 11 April 2016

DIET KANTONG PLASTIK, MASA DEPAN LEBIH BAIK

DIET KANTONG PLASTIK, MASA DEPAN LEBIH BAIK



Sampah merupakan barang yang identik dengan bau, kotor, dan dapat merusak lingkungan. Dan banyak sekali masyarakat yang menganggap sampah adalah barang yang tidak ada gunanya sehingga sampah hanya dibiarkan menumpuk.
Dan pemerintah pun menguji untuk membayar sampah plastik di beberapa kota di Indonesia per tanggal 21 Februari 2016 di 22 Kota di Indonesia dengan harga Rp.200 per satu buah plastik. Sebagai pencanangan untuk diet kantong plastik, agar pemakaian kantong plastik bisa diminimalisir.
Pengaruh penurunan sampah plastik ini sangat berguna untuk kelansungan hidup alam dan lingkungan, karena bisa anda bayangkan kantong plastik baru dapat mulai terurai paling tidak selama lebih dari 20 tahun di dalam tanah. Jika kantong plastik itu berada di air, akan lebih sulit lagi untuk terurai.
             
Peraturan ini sangat penting untuk mengubah pandangan masyarakat Indonesia yang tadinya banyak membuang sampah plastik sekarang mereka mulai berpikir untuk membawa tas belanja saat ke supermarket atau tempat perbelanjaan yang lainnya.
             
Dengan adanya wacana ini sekarang orang mulai berlomba-lomba untuk menciptakan ide kreatif untuk dapat memanfaatkan sampah plastik. Masyarakat yang peduli dengan lingkungan mulai bahu-membahu untuk ikut mendaur ulang sampah dengan berbagai macam kegunaan yang pastinya bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia di Indonesia.
             
Banyak cara yang digunakan masyarakat kreatif di tengah-tengah gunung sampah di Jakarta, sampah plastik bisa dibuat berbagai macam barang yang sederhana tetapi bisa dijual menjadi barang yang memiliki ekonomis tinggi.
            
Beberapa sampah kantong kresek dibuat menjadi gelang, tas, layangan untuk bermain anak-anak, bahkan sendal bisa dibuat dari kantong plastik yang mungkin menurut sebagian orang sangat tidak berguna, tetapi ternyata bisa dijadikan peluang untuk sebagian orang untuk mencari nafkah dan menyambung hidup.
           




Wacana diet kantong plastik ini sangat mempengaruhi sedikit banyak masyarakat untuk ikut kreatif memanfaatkan wadah kantong kresek menjadi barang yang lebih berguna, membuka lahan ekonomis baru untuk masyarakat, dan membuat bumi ke depannya menjadi tempat yang menyenangkan untuk kelangsungan hidup manusia dengan bumi yang sehat serta bersih.

Mulailah bersahabat dengan sampah. Mulai dari saat ini, mari kita rubah pikiran kita jika sampah itu tidak berguna. Mari kita lihat sisi lain dari sampah, mari kita manfaatkan kegunaan sampah yang lain, mari kita berbuat sesuatu mendayagunakan sampah. Jika sudah begitu, sampah tidak akan membuat hal yang tidak sepele, diet sampah yang dicanangkan pemerintah pun tidak akan sia-sia.

Bumi sehat, pikiran sehat, lingkungan hidup sehat, masyarakat semangat untuk kehidupan yang lebih bermanfaat!



Sumber foto :
http://www.desainic.com/10-kreasi-daur-ulang-kantong-plastik-kresek/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar